oleh

Titiek Pindah ke Berkarya, Pengamat: Golkar Tak Bergantung Figur Suharto



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Partai Golkar dinilai tak akan meratapi hengkangya Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto ke Partai Berkarya besutan Tommy Soeharto.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan Partai Golkar pasca reformasi adalah partai yang sepenuhnya baru dan bersih dari anasir Orde Baru. Sebagai partai modern, Golkar bahkan tidak memiliki ketergantungan terhadap tokoh sentral.

“Golkar bisa berjalan sejauh ini karena justru berani melepaskan diri dari bayang-bayang Orde Baru,” ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Selasa (12/6/2018).

Adi menilai, keberhasilan Golkar keluar dari bayang-bayang Orde Baru tak lepas dari sosok Akbar Tanjung. Pasca reformasi, banyak pihak yang berkehendak membubarkan Golkar dan menghilangkannya dari kontestasi politik lantaran dianggap sebagai mesin Orde Baru yang diktator.

Namun demikian, tutur Adi, Akbar Tanjung kala itu berhasil menyelamatkan Golkar, salah satunya dengan jargon Golkar bersih. Salah satu tindakan politik yang dilakukan adalah menjauhkan Golkar dari anasir-anasir Orde Baru.

“Itulah kenapa Golkar tidak bergantung dengan figur Suharto atau keluarganya. Golkar saat ini sudah baru yang kembali ke hittah partainya rakyat yang tidak bisa diidentifikasi sebagai partainya Orde Baru,” kata Adi.

(kri)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed