oleh

393 Calon Jamaah Haji Kloter Pertama Diberangkatkan



SeputarNKRI

loading…

TANGERANG – Calon Jamaah haji kloter pertama diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (17/7/2018).

Sebanyak 393 orang calon jamaah haji asal Jakarta itu, diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 7261, pukul 09.20 WIB dari Terminal 2 Bandara Soetta. Keberangkatan berjalan sangat lancar.

Sebelum para jamaah itu diberangkatkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diwakili langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kelaikan alat transportasi atau ramp check.

“Proses ramp check dilakukan secara detail, mulai dari mesin pesawat, ban, area kemudi, dan lain sebagainya,” kata Agus, di Terminal 2 Bandara Soetta, Selasa pagi.

Dia menjelaskan, tahun ini maskapai yang mengantarkan jamaah haji Garuda Indonesia. Selain melakukan ramp check pesawat, Agus juga mengecek kebersihan di apron dan lingkungan Bandara Soetta.

“Kebersihan bandara sangat penting, untuk memastikan keberangkatan jamaah dan keselamatan penumpang. Terutama kebersihan di bagian apron maupun yang ada di landasan pacu pesawat,” katanya.

Sementara itu, Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta  Erwin Revianto mengatakan, pihaknya siap memberikan pelayanan yang terbaik.

“Kami telah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Arab Saudi dengan memberi loket khusus pemeriksaan keimigrasian negara Arab Saudi di Bandara Soetta, untuk menghindari antrean,” sambungnya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 20 loket imigrasi khusus di Terminal 2 Keberangkatan Bandara Soetta untuk percepatan pelayanan visa jamaah.

“Memang ada inovasi pelayanan calon jemaah haji tahun 2018 ini, yang terdiri dari pengurusan dokumen keimigrasian Arab Saudi di negara keberangkatan, sehingga tidak di negara tujuan,” tuturnya.

Namun, peningkatan layanan embarkasi ini belum diterapkan di seluruh embarkasi keberangkatan Soetta. Hanya embarkasi tertentu yang ditunjuk Kementerian Agama.

“Salah satunya adalah embarkasi Bandara Soetta. Ke depannya kami berharap pada musim haji tahun ini bisa berjalan kondusif dan inovasi layanan visa dapat dinikmati embarkasi lainnya,” ungkapnya.

Berdasarkan pengamatan langsung di Terminal 2 Bandara Soetta, tampak para jamaah haji Indonesia mulai berkumpul di Bandara Soetta sejak subuh. Mereka menumpang sejumlah bus ke apron.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed