oleh

ILUNI Sesalkan Sikap Ngabalin Seret UI ke Ranah Politik Praktis



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin bersama beberapa orang lainnya menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan kepemimpinan selama dua periode melalui video yang beredar di media sosial.

Dalam video tersebut, Ngabalin mengklaim orang-orang dalam video tersebut merupakan alumni UI yang tergabung dalam Komunitas Anak Bangsa. Dia juga menyampaikan slogan mereka yakni ‘Lanjut, Lawan, Libas.’

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Eman Sulaeman Nasim menyesalkan ucapan Ngabalin yang turut menyertakan Alumni UI dalam pendeklarasian tersebut.

Eman menjelaskan secara pribadi alumni UI mempunyai hak memilih dan hak untuk mendukung siapapun dalam pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2019 mendatang.

“Karena alumni UI heterogen ada yang memang dari 2014 saja sudah mendukung Pak Jokowi, hanya sebagian yang bergeser. Ada yang tetap sebagian juga masih mendukung Pak Prabowo juga ada berubah juga,” ujar Eman saat dihubungi SINDOnews, Selasa (7/8/2018).

Eman juga mengatakan pihaknya pada, Senin (7/8) malam telah menggelar rapat bersama pengurus ILUNI pusat dengan ILUNI fakultas dan menyatakan diri sebagai pihak yang netral baik secara organisasi ataupun secara institusi.

“Tapi kalau perorangan silakan saja asal jangan menggunakan nama ILUNI, jangan menggunakan nama UI, jangan menggunakan logo UI dan ILUNI, dan jangan menggunakan jaket UI,” jelasnya.

Berikut adalah pernyataan sikap ILUNI UI:



1. ILUNI UI berkomitmen untuk menjunjung tinggi 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI,dan Bhinneka Tungga Ika dalam semua aktivitas organisasi.

2. ILUNI UI mendukung pengumuman Universitas Indonesia melalui kantor humas dan KIP UI tanggal 6 Agustus 2018 mengenai pendidikan tinggi terbebas dari pengaruh politik praktis serta mengingatkan dan mengimbau segenap civitas akademika dan warga UI termasuk para alumni UI untuk menyampaikan hak konstitusionalnya atas nama pribadi dan tidak menggunakan nama besar institusi UI.

3. ILUNI UI berkomitmen untuk bersikap netral dalam proses demokrasi politik Indonesia di tahun 2019, baik dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan legislatif.

Keputusan ini berdasarkan rapat koordinasi antara ILUNI UI Pusat dan ILUNI UI Fakultas pada Senin, 6 Agustus 2018.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed