oleh

Anggota Polisi di Riau Ditahan karena Diduga Mencuri Kambing Warga

seputarNKRI-feature-image6ytut
SeputarNKRI|HUKUM – Pekanbaru,dua orang diduga melakukan pencurian ternak (kambing) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau. Setelah diperiksa, salah satunya ternyata anggota polisi. Dia kini berstatus tersangka dan ditahan.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (5/6) lalu sekitar pukul 16.00 WIB di Desa Tambusai Timur, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Saat itu, warga melihat ada mobil Avanza hitam bernopol BM 1440 ME berhenti di tepi jalan Kampung Desa Tambusai. Tak lama kemudian, ada kambing yang dimasukkan ke mobil tersebut. Setelah itu, dikejar oleh warga dan sempat hendak diamuk massa. Namun berhasil dicegah oleh petugas setempat.

Dari pemeriksaan sementara kala itu, dua pelaku diketahui satu orang warga sipil dan satu lagi adalah anggota polisi. Khusus anggota polisi, sudah ditetapkan jadi tersangka dan ditahan.

“Awalnya masyarakat ragu mau menangkap karena anggota, kemudian saya minta warga agar tetap mengamankan yang bersangkutan, agar jangan dilepas karena saya sudah perintahkan kasat reskrim bersama propam ke TKP,” kata Kapolres Kabupaten Rohul, AKBP Agung Pitoyo, kepada wartawan, Minggu (8/5/2016).

“Secara kebetulan anggota babinsa melintas sehingga saya minta untuk meyakinkan warga agar tetap amankan oknum anggota Polri tersebut sampai kasat reskrim dan propam sampai. Saat ini oknum tersebut sudah ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan,” tambahnya.

Komandan Kodim 0313 Kampar Letkol Yudi Prasetyo mengetahui peristiwa tersebut. Menurutnya, ada beberapa anggotanya yang ikut mengamankan kedua pelaku dan kasus ini diserahkan ke Polres Rohul.

Secara terpisah, Komandan Rayon Militer (Danramil) XI Tambusai, Rohul, Kapten Yuhardi menjelaskan, ketika melihat aksi pencurian kambing, sang pemilik langsung berteriak. Kedua pelaku yang membawa mobil tersebut langsung melarikan diri. Dari sana pemilik kambing langsung menghubungi warga lainnya.

Mendapat kabar ada pencurian ternak, warga lainnya memburu mobil tersebut. Warga melempari mobil dengan batu yang membuat kaca bagian belakangnya pecah. Akhirnya mobil ini berhasil dihentikan warga di persimpangan dekat pabrik kelapa sawit.

Selanjutnya, kata Yuhardi, keduanya diperiksa identitasnya. Dari sana diketahui, dua orang tersebut satu di antaranya berinisial Briptu RK yang diketahui anggota Polres Rohul. Satu pelaku lagi warga sipil Munandar (30) warga Rohul.

“Ketika mobil diperiksa, tidak terdapat ternak (kambing) di dalamnya. Namun di dalam mobil itu ditemukan kotoran kambing,” kata Yuhardi.

“Tak lama, pihak Polres Rohul mengirimkan tim Provos untuk mengamankan keduanya. Kini kasus tersebut ditangani pihak kepolisian,” jelas Yuhardi.
(cha/mad)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed