oleh

GEMABUDDHI: Pilihlah Pemimpin Berdasarkan Dasa Raja Dharma



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Komunitas Muda Buddhis Indonesia mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang guna mensukseskan Pemilu 2019.

Sebab, Pemilu sebagai pesta demokrasi lima tahunan akan menentukan pemimpin bangsa Indonesia dan wakil rakyat untuk lima tahun ke depan.

“Kami Komunitas Muda Buddhis Indonesia merasa terpanggil untuk mensukseskan Pemilu 2019 dengan berpedoman pada Dasa Raja Dharma atau 10 sifat baik pemimpin,” ujar Karsono selaku Sekjen GEMABUDHI dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Di zaman modern seperti sekarang ini, peran seorang pemimpin menjadi lebih penting dan merupakan kunci suatu keberhasilan. Apabila seorang pemimpin dalam keluarga tidak mampu memimpin dengan baik, maka keluarga tersebut tidak akan harmonis.

Demikian pula jika seorang pemimpin negara tidak arif dalam memimpin, suatu pemerintahan akan menjadi kacau dan terjadi ketidaktenangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seorang pemimpin yang baik selaiknya memiliki sifat dermawan, bermoral, siap berkorban, berintegritas, bertanggungjawab, sederhana, tidak mudah marah atau membenci, jauh dari kekerasan, sabar dan tidak mencari permusuhan,” kata Karsono.

Ia meminta semua pihak untuk menerima dan menghormati proses maupun hasil pemilu yang telah diselenggarakan dengan baik dan konstitusional. Jangan sampai perbedaan dukungan dan pilihan dalam pemilu mengancam keutuhan NKRI dan memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Kami secara organisasi tidak akan pernah meminta atau memaksa anggota kami seluruh Indonesia untuk memilih salah satu pasangan calon. Soal pilihan, kami serahkan kepada masing-masing pribadi anggota. Berbeda pilihan itu boleh, tapi jangan membuat kita terpecah. Kita Indonesia, Bhineka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda kita tetap bersatu,” tutur Ari Sutrisno, Ketua Umum HIKMAHBUDHI.

Menurutnya, Komunitas Muda Buddhis Indonesia mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang jujur, adil dan damai. Pihaknya juga mendorong seluruh Warga Negara Indonesia khususnya generasi muda yang telah mempunyai hak pilih untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab.

Sebagai informasi, Komunitas Muda Buddhis Indonesia terdiri dari sejumlah organisasi yang dalam konferensi pers diwakili oleh Ketua Umum HIKMAHBUDHI, Ketua Umum DPP PATRIA Tedy Wijaya, Sekretaris Umum PP Sekber PMVBI Viria Chandra, Wasekjen GEMABUDHI Karsono, Ketua Umum Pemuda Tridharma Indonesia Andriana, Ketua Umum Institut Nagarjuna Isyanto dan Ketua Umum PERSADABUMI Rachmat Harsono.

(vhs)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed