oleh

Menhan: Tim Mawar Sudah Selesai Jangan Dibawa-bawa Lagi



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu meminta kepada semua pihak untuk tidak menyangkutpautkan sebutan Tim Mawar dengan kericuhan yang terjadi dalam aksi 21-22 Mei 2019 lalu. Dirinya menegaskan, Tim Mawar sudah selesai dan sudah dibubarkan.

“Begini lah, sudah saya bilang kemarin itu, sudahlah Tim mawar itu sudah puluhan tahun sudah selesai, jangan dibawa-bawa lagi. Ini luka lama, jangan dibawa-bawa lagi, tidak baik itu. Terus itu berpengaruh nantinya, jadi sudah selesai,” ujar Ryamizard di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Hal tersebut menanggapi aparat kepolisian yang bakal memanggil mantan Anggota Tim Mawar Fauka Noor Farid terkait pengerahan massa kerusuhan pada 21-22 Mei 2019. Fauka disebut perannya oleh salah seorang tersangka.

Ryamizard juga mengatakan bahwa purnawirawan TNI sudah tidak tersangkut paut lagi dengan apapun mengenai TNI. “Kalau misalnya sudah purnawirawan, dia sudah tidak bergabung di apa-apa, segala macamnya begitu, itu urusan mereka. Tapi yang namanya Kopassus aktif, tidak ada yang begituan. Saya sudah tanyakan satu persatu, tidak ada mereka itu,” tuturnya.

Sebelumnya, mantan Komandan Tim Mawar Mayjen TNI (Purn) Chairawan membantah keterlibatan Tim Mawar dalam insiden kerusuhan saat aksi 22 Mei di Jakarta. Hal tersebut merujuk pada pemberitaan Majalah Tempo dengan judul “Tim Mawar dan Rusuh Sarinah”.

Chairawan menegaskan, Tim Mawar telah bubar sejak tahun 1999 melalui putusan pengadilan. Selepas pensiun dari dunia militer, dirinya menyebut tak pernah berhubungan dengan seluruh anggota Tim Mawar.

“Sudah tak ada kegiatan lagi. Saya pun tak pernah berhubungan lagi dengan mereka,” kata Chairawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

(kri)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed