oleh

Jokowi Kembali Minta Masukan, Kali Ini Asosiasi UMKM



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta saran terkait dengan pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kepada sejumlah asosiasi UMKM. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta masukan kepada Kadin, Hipmi, dan Apindo.

Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri), serta Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo).

“Saya ingin agar sore hari ini mendapat masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan terutama usaha mikro, kecil, menengah,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (18/6/2019).

Dia mengatakan saat ini setidaknya 62,9 juta unit usaha UMKM di Indonesia. Menurutnya Indonesia memiliki kesempatan yang sangat longgar untuk melakukan pengembangan UMKM.

“Peluang yang ada kita gunakan sebaik-baiknya. Baik usaha jasa perdagangan industri kecil menengah yang saya sendiri mengalaminya mulai dari nol,” tuturnya.

Dia juga meminta disampaikan jika memang masih diperlukan fasilitas-fasilitas dari pemerintah untuk pengembangan UMKM. Namun dia mengingatkan fasilitas-fasilitas tersebut jangan sampai melemahkan kewirausahaan yang ada di Indonesia.

“Tapi juga hati-hati fasilitas terlalu banyak kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship kita semuanya. Fasilitas perlu tapi jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki,” pungkasnya.

(pur)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed