oleh

Eksklusif, Kim Clijsters Comeback di Turnamen WTA 2020

SeputarNKRI –

loading…

Anda penggemar Kim Clijsters? Rindu idola Anda kembali ke lapangan? Ada kabar gembira buat penggemar petenis Belgia tersebut. Ya, mantan ratu tenis tersebut mengumumkan rencana comeback bertanding di WTA Tour pada 2020.

Secara eksklusif, petenis 36 tahun itu mengumumkan langsung rencananya untuk kembali mengayunkan raket di WTA Tour Kamis kemarin. “Aku tidak ada keinginan untuk membuktikan sesuatu,’’kata Clijsters kepada WTA Insider mengenai keputusannya mengakhiri masa pensiunnya.’’Aku pikir bagiku ini sebuah tantangan,’’kata juara US Open 2010 tersebut.

Kecintaan Clisjters terhadap dunia tenis menjadi alasan utama baginya untuk memutuskan kembali berkompetisi. Di masa pensiunnya, setiap kali melihat orang mengayunkan tenis, naluri sebagai petenis selalu muncul.

“Aku punya teman yang bilang, Aku ingin berlari di Maraton New York sebelum Aku berusia 50 tahun. Bagiku, Aku masih suka bermain tenis. Setiap kali Aku berada di Grand Slam, jika seseorang bertanya kepadaku hei, maukah Anda memukul bola, Aku yang pertama seperti Aku yang akan memukul. Aku akan menjadi teman berlatih yang tepat untuk Anda hari ini. Aku masih suka bermain tenis,’’paparnya.

Clijsters menegaskan masih sangat menyukai olahraga tenis. Sehingga keputusannya kembali berkompetisi tidak disertai ambisi lain. “Rasa cinta dengan olahraga jelas masih ada. Tapi, pertanyaannya adalah apakah Aku mampu membawanya ke level di mana Aku ingin berada dan di mana saya ingin berada sebelum saya ingin bermain di level tertinggi salah satu olahraga wanita di dunia,’’katanya.

’’Aku tidak merasa seperti Aku butuh untuk membuktikan sesuatu apa pun, tapi Aku ingin menantang diriku dan Aku ingin menjadi lebih kuat lagi. Ini maratonku. Ini di mana aku bilang Ok, ayo coba ini,’’jelasnya.

Ini menandai untuk kali kedua dalam catatan karir petenis tersukses di Belgia itu kembali ke tur setelah istirahat panjang. Clijsters terjun ke pro pada 1997 dan menjadi nomor 1 di tahun 2003. Dua tahun setelah memenangi gelar major pertamanya di US Open 2005, Clijsters mengejutkan dunia ketika mengumumkan pensiun di usia 23 karena cedera dan menikah.

Eksklusif, Kim Clijsters Comeback di Turnamen WTA 2020

Clijsters kembali ke lapangan dua tahun kemudian. Sementara itu, dia melahirkan putri pertamanya, Jada pada February 2008. Dia kembali ke lapangan pada Agustus 2009 dengan mengikuti Turnamen Western & Southern Open dan Rogers Cup, dengan meraih dua kemenangan atas petenis Top 10 kala itu.

Kemudian, di turnamen ketiga setelah comeback, Clijsters memenangi US Open 2009 melalui jatah wildcard. Dalam perjalanan menuju juara, Clijsters mengalahkan Venus Williams, Li Na, Serena Williams, dan Caroline Wozniacki untuk merebut gelar major kedua dalam karirnya dan menjadi petenis pertama dengan status seorang ibu yang memenangi gelar major sejak Evonne Goolagong Cawley pada 1980.

Clijsters menambah gelar major dengan mempertahankan trofi US Open 2010. Dia mememnangi gelar major ketiga setelah comeback dengan menjuarai Australian Open 2011 dan menjadi petenis No.1 beberapa pekan kemudian, kembali ke puncak sejak 2006.

Clijsters yang dikenal sebagai sosok yang bersahabat, bersahaja, dan menjadi favorit di kalangan teman-temannya di ruang ganti, menggantungkan raket selamanya -atau begitulah menurutnya- setelah US Open 2012. Secara keseluruhan, dia mengoleksi 41 gelar tunggal dalam karirnya, termasuk empat gelar major, tiga trofi Final WTA (2002, 2003, 2010), dan menjadi petenis No.1 selama 20 pekan.

Setelah pensiun, dia kembali ke Belgia dengan suaminya, Brian, memberikan Jada dua adik, melanjutkan tugasnya di Akademi Tenisnya, dan bergabung dengan Eurosport sebagai komentator. Dalam wawancara dengan WTA Insider Podcast, Clijsters mengungkapkan ide untuk kembali ke lapangan sudah dipikirkannya dalam dua tahun terakhir.

”Selama bertahun-tahun Aku kadang-kadang muncul ide untuk kembali bermain, tidak, ini tidak mungkin,’’kata Clijsters “Hidupku ada di sini sekarang di rumah dan dengan tiga anak, yang paling kecil paling membutuhkanku. Aku tidak bisa melihat itu menjadi bagian hidupku.’’

(aww)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed