oleh

WNI di Natuna Dipulangkan, Menkes Ungkap WHO Ikut Pantau Observasi



SeputarNKRI

loading…

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengatakan, dirinya bersama tim dari World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia turut serta mengantarkan ratusan WNI asal Wuhan yang telah diobservasi ke Bandara Halim Perdanakusuma.

“Dari hasil pemeriksaan, pemantauan selama observasi dan tadi saya disertai dengan representatif dari WHO, jadi teman dari WHO ada bersama-sama dengan saya satu pesawat juga menjemput dan mengantar sampai Halim,” ujar Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

(Baca juga: Virus Corona, Kemenkes Diminta Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat)

Terawan mengatakan, pemeriksaan dan observasi ratusan WNI itu juga disaksikan langsung oleh tim dari WHO. Sehingga, pemeriksaan serta observasi berlangsung secara secara transparansi.

“Semua disaksikan teman-teman WHO representatif kepalanya di sini sehingga mereka, beliau bisa melihat langsung betapa kita ini sangat terbuka dalam informasi tidak ada yang disembunyikan,” jelasnya.

Tak hanya itu, ratusan WNI yang telah diobservasi juga mendapat sertifikat kesehatan. “Kami lengkapi juga dengan sertifikat kesehatan dia dari hasil pemeriksaan pemantauan selama observasi,” tuturnya.

Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, China, telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dari Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sore hari ini. Ratusan WNI yang telah dikarantina dan diobservasi selama 14 hari tersebut dinyatakan dalam kondisi sehat dan bebas virus corona.

(maf)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed