oleh

Ancelotti Kenang Sewaktu Melatih Zidane di Juventus

SeputarNKRI –

loading…

TURIN – Carlo Ancelotti mengatakan bahwa dirinya merasa istimewa telah memberikan pengalamannya pada Zinedine Zidane saat keduanya masih bersama-sama membela Juventus. Pasalnya, dia mampu mengubah idenya tentang cara bermain sepak bola.

Ancelotti bertanggung jawab atas Bianconeri pada musim 1999-2001, tetapi tidak dapat memberikan trofi di luar Piala Intertoto meskipun memiliki skuat yang berbakat termasuk Zidane, Alessandro Del Piero, Edgar Davids dan Filippo Inzaghi. Namun, waktunya bersama pemenang Ballon d’Or 1998 membantu membentuk gaya kepelatihannya untuk sisa karier yang sangat sukses.

“Zidane adalah pemain pertama yang memberi saya kemungkinan untuk mengubah sistem dan bermain dengan cara yang berbeda. Jadi, ketika saya memiliki Zidane, pada tahun pertama di Juventus, saya bermain dengan sistem 3-4-1-2, membuat Del Piero dan Inzaghi di depan dan Zidane sedikit di belakang. Tahun kedua, saya bermain dengan empat kembali tetapi menjaga dua striker di depan dan satu nomor 10, seperti Zidane,” kenang Ancelotti dikutip dari Sky Sports, Sabtu (23/5/2020).

Ancelotti, yang kini menjabat sebagai pelatih Everton menuturkan ketika Zidane mampu mengubah ide tentang sepak bola. Sebab, awalnya ia sangat fokus dengan penerapan skema formasi 4-4-2 dan setelah kehadiran Zidane, dia mampu memberikan warna pada permainan.

“Sebelumnya saya sangat fokus pada formasi 4-4-2 di Juventus dan setelah dengan Zidane, saya berubah. Saya ingin menempatkannya di posisi terbaik baginya, untuk membuatnya lebih nyaman di lapangan.”

Lebih jauh, Zidane mengatakan bahwa pengalaman melatih di Juventus sangat bagus karena ia bisa belajar banyak tentang dukungan klub pada pelatih. Meskipun dirinya dipecat pada tahun kedua, namun Ancelotti tidak merasa kecewa.

“Tidak masalah jika Juventus memecat saya pada akhirnya di tahun kedua. Hingga hari terakhir di Juventus, saya mengerti bagaimana klub harus bekerja untuk manajer, untuk mendukung mereka, untuk membantu mereka di depan para pemain, untuk memberi manajer kekuatan yang dia butuhkan untuk mengelola para pemain,” pungkas Ancelotti.

(bbk)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed