oleh

Gudang Penampung Pemain Tua Itu Bernama Barcelona

SeputarNKRI –

loading…

JAKARTA – Gudang penampung pemain tua tampaknya semakin melekat pada Barcelona. Stempel itu muncul setelah klub raksasa Spanyol menyelesaikan transfer Miralem Pjanic dari Juventus.

Barcelona menyelesaikan transfer kepindahan Pjanic seharga 60 juta euro. Pemain yang mengantarkan Si Nyonya Tua merebut Scudetto tiga kali, dua trofi juara Coppa Italia, dan satu gelar Piala Super Italia itu akan menetap di Camp Nou hingga empat tahun ke depan.

Pjanic baru akan tiba di Camp Nou setelah musim 2019/2020 selesai. Kehadiran gelandang berusia 30 tahun itu semakin memperjelas mengenai status Barcelona sebagai gudang penampung pemain tua. (Baca juga: Hijrah ke Juventus, Arthur : Saya Tetap Fokus di Barcelona)

Sebelum kedatangan Pjanic, Barcelona sudah memiliki sembilan pemain yang memiliki usia di atas 30 tahun. Mereka adalah Neto (30), Gerard Pique (33), Jordi Alba (31), Sergio Busquets (31), Ivan Racitic (32), Arturo Vidal (33), Arda Turan (33), Lionel Messi (33) dan Luis Suarez (33).

Gudang Penampung Pemain Tua Itu Bernama Barcelona

Dengan kata lain, mendatangkan Pjanic di Camp Nou bisa jadi memunculkan pro dan kontra di kalangan penggemar Barcelona. Melahirkan pro karena pemain Bosnia itu sudah terbukti menghadirkan sejumlah trofi untuk Juventus dan dia memiliki peran sentral di klub raksasa Italia tersebut.

Menjadi kontra karena Pjanic sudah tak muda lagi. Namun bagi Barcelona, tua-muda bukan hal yang paling utama. Terlebih untuk pemain dengan label veteran tersebut, sebab ada kecenderungan bahwa Blaugrana memiliki standar khusus dalam mendatangkan pemain tua.

Pasalnya, pemain di atas 30 tahun yang didatangkan merupakan pemain bermental juara. Jika melihat tradisi itu, Pjanic tentunya sudah memenuhi standar buat untuk bergabung dengan skuat Barcelona. Dan, klub dengan segudang pengalaman yang dimiliki Pjanic diharapkan mampu memberikan warna baru pada permainan.

Persaingan Lini Tengah
Kehadiran Pjanic musim depan pastinya akan menimbulkan persaingan sengit di lini tengah Barcelona. Sejauh ini ada lima pemain yang bergantian mengisi posisi lini tengah di skuat Quique Setien.

Mereka adalah Rakitic, Busquets, Riqui Puiq, Vidal dan Frenkie de Jong. Tapi situasinya bisa berubah mengingat Vidal dan Rakitic dikabarkan akan hengkang dari Camp Nou pada bursa transfer musim panas ini. (Baca juga: Resmi Jadi Pemain Barcelona, Miralem Pjanic : Saya Sangat Senang !)

Berbicara mengenai Rakitic. Pemain yang hijrah pada 2014 dari Sevilla itu diketahui tidak selalu dicintai oleh penggemar Camp Nou. Parahnya, ada anggapan yang menyebut jika ia tidak pantas menerima stempel sebagai legenda klub atau menyamai pencapaian Xavi Hernandes atau Andres Iniesta.

Karena itu, dengan kontrak Rakitic yang akan berakhir pada 30 Juni 2021, ada banyak desas-desus yang dapat diuangkan Barca. Sejauh ini Atletico Madrid kerap dikaitkan dengan masa depan gelandang tersebut. Tapi belum ada tanda-tanda apakah dia akan membarui kontraknya atau akan menuju pintu keluar.

Kedatangan Vidal dari Bayern Munich dengan kontrak tiga tahun pada Agustus 2018 kurang mendapatkan sambutan yang meriah. Sama seperti Rakitic, masa depan pemain berpaspor Chile itu terus menjadi perdebatan yang panjang.

Apalagi saat ini ia kerap dikabarkan bakal hengkang ke salah satu klub raksasa Italia, yakni Inter Milan. Jadi kedatangan Pjanic bakal memanaskan persaingan perebutan posisi di lini tengah Barcelona.

(bbk)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

News Feed